get your own embeddable forum with Talki

Rabu, 22 Mei 2013

Standar Pelayanan Pada Proses Verifikasi Atas Pengelolaan Keuangan : SPP/SPM-LS dan SPP/SPM GU/TU/TU NIHIL


A.  Proses Verifikasi Surat Permintaan Pembayaran untuk belanja langsung (SPP/SPM-LS)

No
KOMPONEN
URAIAN
1
Dasar Hukum
1.       Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 21 tahun 2010 tentang perubahan kedua terhadap Peraturan Menteri dalam Negeri No 13 Tahun 2006 Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah;

2
Persyaratan Pelayanan
1.       Persyaratan dalam melakukan verifikasi SPP-LS melalui pengadaan barang dan jasa dengan metode pemilihan dan tender:
a.        Surat Rekomendasi yang dibuat oleh PPK/PPTK kegiatan yang diajukan;
b.       Berita acara pemeriksaan hasil pekerjaan atau yang dipersamakan
c.        Berita acara serah terima barang dan jasa dari pihak ketiga kepada pejabat yang ditunjuk;
d.       Berita acara serah terima barang dari Pejabat pembuat komitmen kepada pengurus barang;
e.       Berita acara pembayaran yang ditanda tangani oleh bendahara dan pihak ketiga;
f.         Kwitansi / tanda terima yang dibubuhi meterai;
g.        Surat pengantar SPP-LS  sesuai dengan format pada Permendagri Nomor 13 tahun 2006 formulir Lampiran D.X
h.       Rinciain SPP-LS  sesuai dengan format pada Permendagri Nomor 13 tahun 2006 formulir lampiran D.X
i.         Ringkasan SPP-LS  sesuai dengan format pada Permendagri Nomor 13 tahun 2006 formulir Lampiran D.X
j.         SPM  sesuai dengan format pada Permendagri Nomor 13 tahun 2006 formulir Lampiran D. XIII
k.        Surat Keterangan Pengumuman Penetapan Penyedian Barang/jasa dari ULP;
l.         Surat Perjanjian (kontrak)yang memuat dokumen penawaran, dokumen pengadaan, dokumen kualifikasi penyedia barang/jasa;
m.      Foto Dokumentasi tingkat kemajuan pekerjaan;
n.       Laporan Kemajuan pekerjaan (laporan harian, bulanan)
o.       Bukti kehadiran dan bukti pengeluaran sesuai dengan rincian dalam surat penawaran (khusu konsultan);
p.       Jaminan pemeliharaan untuk pekerjaan kontruksi pada pengajuan 100%;
q.       Bukti setoran dendan keterlambatan (bila terlambat)

3
Sistem Mekanisme dan prosedur
1.       Dokumen yang telah disiapkan sesuai dengan peraturan yang ada disampaikan oleh bendahara pengeluaran SKPD yang menangani pekerjaan kekantor Dinas Pendapatan, pengelolaan Keuangan dan asset daerah (pada bagian tata usaha )
2.       Kepala dinas DIPPEKADE memberikan perintah kepada bidang akuntansi untuk melakukan verifikasi atas tagihan uang sebesar SPM;
3.       Melalui perintah Kepala Bidang Akuntansi maka seksi Verifikasi melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan dokumen yang disampaikan;
4.       Apabila dokumen telah lengkap dan benar sesuai dengan peraturan maka kepala seksi verifikasi meminta persetujuan kepada Kepala Bidang, untuk diteruskan keBendahara Umum Daerah, guna proses penerbitan SP2D.
5.       Apabila dokumen kurang/tidak lengkap maka segera akan diberitahu kepada bendahara yang bersangkutan dan diinformasikan dokumen yang kurang/salah, dituangkan dalam sebuah uraian kelengkapan dokumen dan ditandatangani oleh verifikator, untuk dilakukakan perbaikan;
6.       Setelah dilengkapi maka diteruskan ke Bendahara Umum Daerah untuk diterbitkan SP2D nya.
4
Jangka Waktu Pelaksanaan
15 (lima belas) menit
5
Biaya /tariff
Tidak ada
6
Produk Pelayanan
Surat Rekomendasi Kepada Bendahara Umum Daerah Untuk penerbitan SP2D
7
Sarana, prasarana dan/atau fasilitas
Meja, Kursi Lemari, Alat komunikasi, stempel, alat tulis lainnya.
8
Kompetensi Pelaksana
1.       Verifikator;
2.       Petugas Register SPP;
9
Pengawasan internal
1.       Kepala Dinas Pendapatan
2.       Kepala Bidang Akuntansi;
3.       Kepala Seksi Verifikasi.
10
Penanganan pengaduan, saran dan masukan
Kotak saran
11
Jumlah Pelaksana
2 (dua) orang
12
Jaminan Pelayanan
-
13
Jaminan Pelayanan dan Keselamatan Pelayanan

14
Evaluasi kinerja pelaksana



B.      Proses Verifikasi Surat Permintaan Pembayaran SPP/SPM GU/TU/TU NIHIL

No
KOMPONEN
URAIAN
1
Dasar Hukum
1.       Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 21 tahun 2010 tentang perubahan kedua terhadap Peraturan Menteri dalam Negeri No 13 Tahun 2006 Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah;
2.        
2
Persyaratan Pelayanan
1.       Persyaratan dalam melakukan verifikasi SPP/SPM GU/TU/TU NIHIL melalui pengadaan barang dan jasa dengan metode pemilihan dan tender:
a.        Surat Pernyataan SPP GU/TU/TU NIHIL oleh Pengguna Anggaran
b.       Surat Pengantar SPP GU/TU/TU NIHIL;
c.        Ringkasan SPP GU/TU/TU NIHIL ;
d.       Rincian SPP GU/TU/TU NIHIL ;
e.       Lembar Kontrol Pengeluaran;
f.         SPM;
g.        Surat Pengesahan Pertanggungjawaban;
h.       Buku kas umum;
i.         Buku Pajak
j.         Bukti pengeluaran yang sah (dokumen pengeluaran);
k.        Surat Pernyataan batas waktu pelaksanaan kegiatan (TU)
l.         Bukti setoran sisa TU ( bila ada)

3
Sistem Mekanisme dan prosedur
1.       Dokumen yang telah disiapkan sesuai dengan peraturan yang ada disampaikan oleh bendahara pengeluaran SKPD yang menangani pekerjaan kekantor Dinas Pendapatan, pengelolaan Keuangan dan asset daerah (pada bagian tata usaha )
2.       Kepala dinas DIPPEKADE memberikan perintah kepada bidang akuntansi untuk melakukan verifikasi atas tagihan uang sebesar SPM;
3.       Melalui perintah Kepala Bidang Akuntansi maka seksi Verifikasi melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan dokumen yang disampaikan;
4.       Apabila dokumen telah lengkap dan benar sesuai dengan peraturan maka kepala seksi verifikasi meminta persetujuan kepada Kepala Bidang, untuk diteruskan keBendahara Umum Daerah, guna proses penerbitan SP2D.
5.       Apabila dokumen kurang/tidak lengkap maka segera akan diberitahu kepada bendahara yang bersangkutan dan diinformasikan dokumen yang kurang/salah, dituangkan dalam sebuah uraian kelengkapan dokumen dan ditandatangani oleh verifikator, untuk dilakukakan perbaikan;
6.       Setelah dilengkapi maka diteruskan ke Bendahara Umum Daerah untuk diterbitkan SP2D nya.
4
Jangka Waktu Pelaksanaan
15 (lima belas) menit
5
Biaya /tariff
Tidak ada
6
Produk Pelayanan
Surat Rekomendasi Kepada Bendahara Umum Daerah Untuk penerbitan SP2D
7
Sarana, prasarana dan/atau fasilitas
Meja, Kursi Lemari, Alat komunikasi, stempel, alat tulis lainnya.
8
Kompetensi Pelaksana
1.       Verifikator;
2.       Petugas Register SPP;
9
Pengawasan internal
1.       Kepala Dinas Pendapatan
2.       Kepala Bidang Akuntansi;
3.       Kepala Seksi Verifikasi.
10
Penanganan pengaduan, saran dan masukan
Kotak saran
11
Jumlah Pelaksana
2 (dua) orang
12
Jaminan Pelayanan
-
13
Jaminan Pelayanan dan Keselamatan Pelayanan

14
Evaluasi kinerja pelaksana


Sumber : 

Budidaya | Informasi Budidaya

Seputar Uang Persediaan dan Tambahan Uang Persediaan (UP/TUP)

up
Dalam mekanisme pengeluaran Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara (APBN) melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) dikenal mekanisme pengeluaran langsung dan pengeluaran melalui uang persediaan. Artikel berikut membahas seputar Uang Persediaan dan Tambahan Uang Persediaan secara sederhana sehingga dapat lebih mudah dipahami oleh pengelola keuangan/perbendaharaan satuan kerja mitra kerja KPPN.
Peraturan Petunjuk Teknis:
  1. Peraturan Menteri Keuangan Nomor 91/PMK.06/2007 tentang Bagan Akun Standar.
  2. Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor PER-08/PB/2009 tentang Penambahan dan Perubahan Bagan Akun Standar.
  3. Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor PER-66/PB/2005 tanggal 28 Desember 2005 tentang Mekanisme Pelaksanaan Pembayaran Atas Beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.
  4. Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor 11 tentang Perubahan Atas PER-66/PB/2005 tanggal 28 Desember 2005 tentang Mekanisme Pelaksanaan Pembayaran Atas Beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.
Uang Persediaan (UP) dan Tambahan Uang Persediaan (TUP)
  • Uang Persediaan yang selanjutnya disebut UP adalah uang muka kerja dengan jumlah tertentu yang bersifat daur ulang (revolving), diberikan kepada bendahara pengeluaran hanya untuk membiayai kegiatan operasional kantor sehari-hari yang tidak dapat dilakukan dengan pembayaran langsung.
  • Tambahan Uang Persediaan yang selanjutnya disebut TUP adalah uang yang diberikan kepada satker untuk kebutuhan yang sangat mendesak dalam satu bulan melebihi pagu UP yang ditetapkan.
  • Kepada setiap satker dapat diberikan Uang Persediaan.
  • Dalam hal penggunaan UP belum mencapai 75%, sedangkan satker yang bersangkutan memerlukan pendanaan melebihi sisa dana yang tersedia, satker dimaksud dapat mengajukan TUP.
  • Penggunaan UP/TUP menjadi tanggung jawab Bendahara Pengeluaran.
  • Untuk membantu pengelolaan Uang Persediaan pada kantor/satker di lingkungan Kementerian Negara/Lembaga, kepala satker dapat menunjuk Pemegang Uang Muka. Dalam pelaksanaan tugasnya Pemegang Uang Muka bertanggung jawab kepada BendaharaPengeluaran.
  • Bendahara pengeluaran dapat membagi uang persediaan kepada beberapa PUM. Apabila diantara PUM telah merealisasikan penggunaan UP-nya sekurang-kurangnya 75%, Kuasa PA/ pejabat yang ditunjuk dapat mengajukan SPM GUP bagi PUM berkenaan tanpa menunggu realisasi PUM lain yang belum mencapai 75%.
  • Bendahara Pengeluaran melakukan pengisian kembali UP (revolving) sepanjang masih tersedia dana dalam DIPA.
  • Bagi bendahara yang dibantu oleh beberapa PUM, dalam pengajuan SPM-UP diwajibkan melampirkan daftar rincian yang menyatakan jumlah uang yang dikelola oleh masing-masing PUM.
  • Sisa UP yang masih ada pada bendahara pada akhir tahun anggaran harus disetor kembali ke Rekening Kas Negara selambat-lambatnya tanggal 31 Desember tahun anggaran berkenaan. Setoran sisa UPdimaksud, oleh KPPN dibukukan sebagai pengembalian UP sesuai MAK yang ditetapkan.
UP dapat diberikan setinggi-tingginya:
  • 1/12 (satu per duabelas) dari pagu DIPA menurut klasifikasi belanja barang dan belanja lain-lain yang diijinkan untuk diberikan UP, maksimal Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah) untuk pagu sampai dengan Rp. 900.000.000 (sembilan ratus jutarupiah);
  • 1/18 (satu per delapan belas) dari pagu DIPA menurut klasifikasi belanja barang dan belanja lain-lain yang diijinkan untuk diberikan UP, maksimal Rp.100.000.000 (seratus juta rupiah) untuk pagu diatas Rp. 900.000.000 (sembilan ratus juta rupiah) sampai dengan Rp. 2.400.000.000 (dua miliar empat ratus juta rupiah);
  • 1/24 (satu per duapuluh empat) dari pagu DIPA menurut klasifikasi belanja barang dan belanja lain-lain yang diijinkan untuk diberikan UP, maksimal Rp.200.000.000 (dua ratus juta rupiah) untuk pagu diatas Rp. 2.400.000.000 (dua miliar empat ratus juta rupiah) sampai dengan Rp.6.000.000.000 (enam miliar rupiah);
  • 1/30 (satu per tiga puluh) dari pagu DIPA menurut klasifikasibelanja barang dan belanja lain-lain yang diijinkan untuk diberikan UP, maksimal Rp.500.000.000 (lima ratus juta rupiah) untuk pagudiatas Rp. 6.000.000.000 (enam miliar rupiah);
  • Perubahan besaran UP di luar ketentuan diatas ditetapkan oleh Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan untuk perubahan besaran UP menjadi setinggi-tingginya Rp.500.000.000,- (lima ratus juta rupiah) dan Direktur Jenderal Perbendaharaan, untuk perubahan besaran UP di atas Rp.500.000.000,- (lima ratus juta rupiah).
Pemberian TUP
  • Kepala KPPN dapat memberikan TUP sampai dengan jumlah Rp.500.000.000,- (lima ratus juta rupiah) untuk klasifikasi belanja yang diperbolehkan diberi UP bagi instansi dalam wilayahpembayaran KPPN bersangkutan.
  • Permintaan TUP di atas Rp.500.000.000,- (lima ratus juta rupiah) untuk klasifikasi belanja yang diperbolehkan diberi UP harus mendapat dispensasi dari Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan.
Syarat untuk mengajukan TUP:
  1. Untuk memenuhi kebutuhan yang sangat mendesak/tidak dapat ditunda;
  2. Digunakan paling lama satu bulan sejak tanggal SP2D diterbitkan.
  3. Apabila tidak habis digunakan dalam satu bulan sisa dana yang ada pada bendahara, harus disetor ke Rekening Kas Negara kecuali mendapatkan dispensasi perpanjangan waktu pertanggungjawaban Tambahan UP lebih dari satu bulan dari Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan; 
Penggunaan UP dan TUP
UP dan TUP dapat digunakan untuk akun-akun:
  • Belanja Barang (akun 52);
  • Belanja Modal (akun 53) untuk pengeluaran honor tim, Alat Tulis Kantor (ATK), perjalanan dinas, biaya pengumuman lelang,pengurusan surat perijinan dan pengeluaran lain yang tidakdapat dilakukan dengan pembayaran langsung dalam rangka perolehan aset;
  • Belanja lain-lain (akun 58).
  • Akun-akun selain 52, 53 dan 58 dapat diberikan pengecualian oleh Direktur Jenderal Perbendaharaan (untuk DIPA Pusat) dan oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan setempat (untuk DIPA yang ditetapkan oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan).
  • Pembayaran yang dilakukan oleh Bendahara Pengeluaran kepada satu rekanan tidak boleh melebihi Rp.20.000.000 (dua puluh juta rupiah), kecuali untuk pembayaran honor dan perjalanan dinas.
Syarat SPM UP/TUP menjadi SP2D:
  1. SPM UP/Tambahan UP diterbitkan dengan menggunakan kode kegiatan untuk rupiah murni 0000.0000.825111, pinjaman luar negeri 9999.9999.825112, dan PNBP 0000.0000.825113.
  2. Untuk UP, satker menyampaikan SPM-UP hasil dari Aplikasi SPM berdasarkan DIPA masing-masing.
  3. Untuk TUP, satker menyampaikan SPM-TUP hasil dari Aplikasi SPM dengan dilampiri Surat Persetujuan TUP.
Dalam mengajukan Surat Persetujuan TUP, satker menyampaikan dokumen-dokumen sebagai berikut:
  1. Rincian Rencana Penggunaan Dana untuk kebutuhan mendesak dan riil serta rincian sisa dana MAK yang dimintakan TUP. (Rincian sisa dana MAK yang dimintakan TUP dapat dicetak dari aplikasi SPM Menu Pagu lalu Cetak List)
  2. Rekening Koran yang menunjukkan saldo terakhir.
  3. Surat Pernyataan bahwa kegiatan yang dibiayai tersebut tidak dapat dilaksanakan/dibayar melalui penerbitan SPM-LS.
Pertanggungjawaban UP/TUP
Pertanggungjawaban (Penggantian) UP:
Satker mempertanggungjawabkan UP dengan mengajukan dokumen-dokumen:
  1. SPM-GU 
  2. Surat Pernyataan Tanggung Jawab Belanja (SPTB);
  3. Fotokopi Surat Setoran Pajak (SSP) yang dilegalisir oleh Kuasa Pengguna Anggaran atau pejabat yang ditunjuk, untuk transaksi yang menurut ketentuan harus dipungut PPN dan PPh.
Pertanggungjawaban (Penihilan) TUP:
  1. SPM-GU NIHIL 
  2. Pada kolom pengeluaran pada SPM-GU NIHIL menggunakan akun yang sesuai dengankode asal dana saat mengajukan SPM TUP sebelumnya yaitu untuk rupiah murni 815111, pinjaman luar negeri 815112, dan PNBP 815113.
  3. Surat Pernyataan Tanggung Jawab Belanja (SPTB);
  4. Fotokopi Surat Setoran Pajak (SSP) yang dilegalisir oleh Kuasa Pengguna Anggaran atau pejabat yang ditunjuk, untuk transaksi yang menurut ketentuan harus dipungut PPN dan PPh;
  5. Surat Setoran Bukan Pajak (SSBP) apabila dana TUP tidak habis digunakan dalam masa penggunaan TUP selama satu bulan.

>>> Popular Posts :


The Forex Quotes are Powered by Investing.com - The Leading Financial Portal.